Mau bebas finansial? Mulai dari sini!

APA ITU PIRAMIDA KEUANGAN?

Piramida keuangan adalah dasar dari proses perencanaan keuangan. Struktur Perencanaan ini bentuknya piramida. Penting banget untuk Anda membangun fondasi level dari bawah dulu, sebelum membangun level berikutnya.

SUSUNAN PIRAMIDA KEUANGAN

1.CASH FLOW, HUTANG,DAN DANA DARURAT

Tiga bagian ini memiliki porsi terbesar karena berfungsi untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek dan proteksi diri. Anda bisa dibilang punya level pertama yang kuat, kalau cashflow kalian sudah positif, bebas hutang konsumtif, dan sudah punya dana darurat.

2. MANAJEMEN RISIKO

Di tahap ini, Anda sudah harus mulai mempertimbangkan tentang asuransi sebagai proteksi diri. Kalau sudah berkeluarga, Anda juga perlu memikirkan asuransi pasangan, anak, atau orang tua. Asuransi ini bisa berupa asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu, masih ada lapisan proteksi ini sebelum menggunakan dana darurat atau menjual aset. 

3. TUJUAN KEUANGAN

Dengan menentukan tujuan keuangan, kita jadi tahu kemana uang kita akan dialokasikan. Ditahap ini, Bro and Sist perlu mempertimbangkan instrumen investasi apa dan termasuk dalam jangka waktu apa, yang sesuai untuk mencapai tujuan keuangan Bro and Sist

4. DANA PENSIUN

Pasti Anda tidak ingin untuk bekerja terus menerus. Menikmati kekayaan di hari tua dengan nyaman itu pasti menyenangkan. Ditahap inilah passive income dan instrumen investasi yang Anda punya berperan penting untuk wujudkan life goal itu.

5. DISTRIBUSI KEKAYAAN / WARISAN

Apa yang akan Anda  tinggalkan untuk anggota keluarga? Hutang? Aset Produktif? Atau Investasi yang kita punya?

Ini semua tergantung bagaimana kalian membangun perencanaan keuangan yang baik.

 

Kalau Anda sudah berhasil mewujudkan Piramida Keuangan di setiap levelnya, itu berarti Anda sudah bisa mencapai Financial Freedom

Nah, dari level piramida keuangan ini, Anda berada level yang mana?

 

 

By admin

One thought on “Memperbaiki Kondisi Keuangan Dengan Konsep Piramida Keuangan”

Leave a Reply