Aplikasi percakapan Telegram resmi meluncurkan versi berbayar, Telegram Premium, per Minggu 19 Juni 2022. Sejumlah fitur khusus disediakan pada aplikasi dengan biaya USD4,99 atau sekitar Rp 74 ribu per bulan.

Fitur Telegram Berbayar

Lewat blognya, Telegram mengumumkan telah merilis Telegram Premium dengan sejumlah fitur yang berbeda dengan versi gratis.

“Versi ini akan menyediakan sejumlah fitur yang telah lama diminta pengguna, sembari tetap memberikan pelayanan gratis perpesanan,” tulis Telegram dilihat pada Senin 20 Juni 2022.

Unggah File Besar

Pengguna Telegram bisa mengunggah file dengan ukuran maksimal 2GB yang akan tersimpan di Telegram Cloud dengan gratis.

Pada versi berbayar, ukuran file bisa meningkat hingga 4GB.

Sementara, semua pengguna bisa mengunduh file ukuran besar, baik yang berbayar atau tidak.

Unduh Lebih Cepat

Pelanggan Telegram berbayar mendapat akses unduh dengan kecepatan super, mengikuti kemampuan maksimal jaringan masing-masing.

Kuota Berlipat

Pengguna Telegram premium juga mendapatkan akses kuota lebih banyak untuk berbagai layanan di Telegram.

Mulai dari mengikuti kanal lebih dar 1000, membuat lebih dari 20 folder chat, bisa pakai akun keempat untuk setiap Telegram, pin lebih dari 10 percakapan serta bisa menyimpan lebih dari 10 stiker favorit.

Pesan Pintar

Telegram Premium dilengkapi fitur mengubah pesan suara menjadi text. Nantinya, pengguna hanya perlu mengeklik ikon “A dengan panah ke kanan” untuk mentranskripsi voice message menjadi pesan teks. Hasil transkrip akan tersedia di bawah voice message.

Stiker dan Emoji Animasi

Pengguna Telegram dimanjakan dengan berbagai stiker menarik. Lewat aplikasi premium, disediakan pula berbagai stiker animasi yang lebih menarik dan diupdate setiap bulan. Ada pula tambahan lebih dari 10 emoji baru di versi premium.

Selain itu, foto profil Telegram Premium juga bisa dibuat versi animasi atau video yang bergerak, ketimbang hanya foto yang statis.

Yang menarik, pelanggan Telegram Premium akan mendapatkan logo bintang biru di samping nama mereka, sebagai pengenal. Plus bebas iklan terutama yang sering muncul pada kanal-kanal publik.

Biaya Telegram Premium

Ada banyak layanan baru yang disediakan Telegram di versi premiumnya. Untuk mendapatkannya, pelanggan harus membayar biaya langganan sebesar USD4,99 atau sekitar Rp74 ribu dikutip dari Tech Crunch.

Selain itu, hadirnya Telegram Premium juga tidak akan berdampak pada pelayanan Telegram Freemium yang sudah berjalan sejak 2020.

CEO Telegram, Pavel Durov menjanjikan hal tersebut. Pengguna Telegram gratis juga tetap bisa melihat emoji yang digunakan pelanggan Telegram Premium, atau mengunduh file ukuran besar dari user premium.

Leave a Reply